Friday Aug 22

Dunia Pesantren

Dubes Arab Saudi Kunjungi Mawaridussalam Deli Serdang

Kamis (28/2) siang, menjadi hari istimewa bagi Ponpes Mawaridussalam Deli Serdang, Sumatera Utara. Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Musthafa Ibrahim al-Mubarak, beserta rombongan berkunjung ke ponpes yang baru saja merayakan milad ketiganya pada Rabu (20/2).
Dubes Saudi sangat antusias memberi motivasi kepada para santri. Ia bercerita tentang perjalanan studinya hingga menjadi Dubes, meski tidak berasal dari keluarga kerajaan.
Setelah sambutan singkat, Dubes dan rombongan berfoto bersama para guru dan santri dalam suasana kekeluargaan. Setelah itu dibuka kesempatan dialog.
Pada kesempatan itu, Dubes mengumumkan bantuan sebesar 20.000 dolar AS kepada ponpes yang diwujudkan dalam bentuk perpustakaan digital, komputer, dan buku-buku. Kemudian ia meminta ponpes mengajukan dua nama guru untuk melaksanakan ibadah haji 1434, dan dua nama guru untuk melaksanakan ibadah umrah. Selain itu, tiga guru ditunjuk langsung untuk melaksanakan umrah. Mereka adalah Ust Muhammad Haramain bin Tumiran, Usth Mahani binti Muhammad Syahir, dan Ust Ilham Aswari Nasution (suami Usth Mahani) sebagai mahramnya.
 

Pergantian Pengurus OPPM dan Koordinator Pramuka

Salah satu falsafah di Pondok Modern adalah “siap memimpin dan siap dipimpin.”  Kaderisasi merupakan salah satu hal terpenting dalam setiap organisasi.  Kamis (28/2), Pondok Modern Darussalam Gontor 9 Kalianda, Lampung, mengadakan pergantian pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka dari pengurus lama (kelas 6) ke pengurus baru (kelas 5).
Acara yang didahului dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban tiap-tiap bagian OPPM dan Koordinator (26-27/2)  ini dihelat di Gedung Auditorium Pondok Modern Darussalam Gontor 9 yang 75 persen hampir selesai pembangunannya.
Fakhri Al-Kahfi (5B) dan Zainal Marzuki (5B) terpilih sebagai ketua OPPM. Sedangkan Ahmad Ali Banna (5B) dan Epip Darmawan (5C) sebagai ketua Koordinator Gerakan Pramuka.

Perpindahan Santri ke Pondok Cabang Jelang Liburan Awal Tahun

Usai ujian tulis, Sabtu (19/1) atau 7 Rabi’ul Awwal 1434, seluruh santri berkumpul di depan Gedung Damaskus dalam rangka Haflatut Tasyakur atas terlaksananya ujian lisan dan tulis selama ± 17 hari dengan lancer. Pada kesempatan itu diumumkan pembagian santri ke pondok cabang. Sebanyak 306 santri dipindahkan ke Gontor Putri 1,  400 ke Gontor Putri 3, dan 80 ke Gontor Putri 5. Sedangkan pembacaan Etiket untuk bekal liburan santri dilaksanakan pada malam harinya.  
Ahad (20/1) atau 8 Rabi’ul Awwal 1434 dilaksanakan pembagian rapor mental berisi nilai hasil ujian pelajaran sore yang dilaksanakan 2 minggu sebelum ujian lisan. Saat itu juga dibagikan nilai ekstrakurikuler oleh wali kelas masing-masing.
Kemudian pesan dan nasihat menjelang liburan awal tahun dilaksanakan pada malam harinya oleh Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 al-Ustadz Suwarno TM SAg dan al-Ustadz Oemar Ardi Budi Laksana SPdI.  MASTURA

Tabligh Akbar Hidayat Nur Wahid

Para tokoh nasional mengunjungi Ponpes Mawaridussalam Deli Serdang Sumatera Utara dalam rangka tabligh akbar Maulid Nabi Muhammad 1434, Sabtu (2/3). Mereka antara lain Ust Hidayat Nur Wahid, Ust Iskandar Lubis MA, dan Ust Ansyari Lubis MA.
Setelah memberi pengantar singkat tentang rahasia kemajuan yang terkandung dalam filosofi ihsan, Hidayat mempersilakan Iskandar Lubis melanjutkan taushiyah sebagai wakil alumni Mesir, dan disambung dengan taushiyah dari Ansyari Lubis sebagai wakil alumni Syria. Taushiyah kemudian dilanjutkan oleh pembicara utama, Hidayat Nur Wahid.
“Sengaja acara kita buat seperti ini agar para santri di sini tidak minder dan kecil hati sebagai santri. Di depan Anda terbuka lebar kesempatan untuk melanjutkan studi ke berbagai pelosok dunia. Tidak ada yang tidak mungkin,” kata Hidayat menyemangati para santri.    
    Dalam taushiyah singkatnya, Hidayat menegaskan bahwa salah satu sifat Rasulullah yang sulit diikuti oleh umatnya adalah menjaga konsistensi. Aisyah RA pernah ditanya para sahabat tentang pekerjaan yang paling disukai Rasulullah. Aisyah berkata, pekerjaan yang paling disukai Allah dan Rasul-Nya adalah konsistensi, meskipun pekerjaan itu kecil.
“Rasulullah adalah pionir perubahan dan inspirator perdamaian. Saya senang dengan pemilihan nama Mawaridussalam. Semoga benar-benar menjadi agen perdamaian bagi semua umat, karena dunia saat ini penuh dengan intrik dan tipu daya. Untuk itu, dengan melihat perkembangan yang luar biasa selama tiga tahun ini, tidak ada alasan bagi semua pihak untuk tidak mendukung keberadaan ponpes ini. Mawaridussalam akan menjadi asset kebanggaan umat,” tambahnya mengakhiri taushiyah.

Pesantren Tazkya Bentengi Akidah Umat di Daerah Kristenisasi

Selain berfungsi sebagai pusat studi dan kajian keislaman, pondok pesantren juga berfungsi sebagai benteng akidah umat dari ancaman dan serangan gerakan Kristenisasi global yang kian mengancam umat Islam di Tanah Air. Demikian juga halnya dengan keberadaan Pondok Pesantren Tazkya di Desa Padaasih, Cisarua, Bandung Barat yang diresmikan oleh Bupati Bandung Barat, Drs H Abu Bakar MSi, Sabtu (2/2).
Pimpinan keberadaan Pondok Pesantren Tazkya, Ustadz Muchsin al-Fikri SSos, mengatakan pesantren ini dibangun guna mengantisipasi ancaman gerakan pemurtadan di daerah-daerah.
“Lembaga pendidikan ini bersifat independen dan tidak berafiliasi ke salah satu organisasi keagamaan maupun organisasi politik manapun,” tegas Ustadz Muchsin yang juga mantan anggota DPRD Kota Bandung itu.
Proses belajar mengajar di pesantren ini telah berlangsung sejak tahun 2009. Kini sudah ada Pendidikan Anak Usia Dini Raudhatul Athfal Tazkya, Madrasah Ibtidaiyah Tazkya, Majelis Taklim Tazkya, dan kursus membaca kitab kuning. Dalam waktu dekat, pesantren akan menampung anak-anak yatim dan anak-anak dhuafa untuk dibina agamanya dan diberi keterampilan kewirausahaan khususnya peternakan dan pertanian.
Ustadz Muchsin menambahkan, yayasan telah membentuk kepanitiaan untuk perluasan area pesanten, dan mengajak para donatur untuk turut serta berpartisipasi dalam program penyelamatan akidah umat Islam. Pembaca yang berminat memberikan donasi dapat menghubungi 081320627610 atau 0818625252.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Language

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English French German Italian Japanese Korean Russian Spanish Thai

LOGO







k